Sempat Viral, Polsek Percut Sei Tuan Amankan Empat Pelaku Begal


 

Sempat Viral, Polsek Percut Sei Tuan Amankan Empat Pelaku Begal

Rabu, 16 November 2022

Empat pelaku begal diamankan Polsek Percut Sei Tuan. (Ist)

Metro7news.com | Percut Sei Tuan - Akhirnya Polsek Percut Sei Tuan, mengamankan 4 pelaku Begal, di Jalan Pasar V, depan Unimed, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (12/11/22) sekira pukul 15.00 WIB.


Aksi yang sempat viral ini di media sosial, memakan korban seorang pelajar, Fathir Ramansyah (15), warga Jalan Pelaksanaan, Gang Famili 3, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan.


Kapolsek Percut Sei Tuan saat melakukan konferensi pers atas t.werangkal 4 orang begal.

Menurut keterangan, dari Polsek Percut Sei Tuan, pada saat dilakukan konferensi pers yang berlangsung di halaman Mako Polsek Percut Sei Tuan, menerangkan, Fathir melintas di Jalan Pasar V, depan Unimed, mengendarai Honda Beat warna hitam, BK 2211 MBE. Kemudian diberhentikan oleh sekelompok pemuda dan langsung membacok korban dengan celurit, mengenai pinggang sebelah kiri, Rabu (16/11/22).


Pada waktu kejadian, korban sempat melarikan diri meninggalkan sepeda motor miliknya, dan langsung  melaporkan kejadian tersebut kepada orang tuanya, lalu mereka membuat laporan ke Polsek Percut Sei Tuan.


Setelah menerima laporan dari orang tua korban, personel Reskrim melakukan pengecekan ke TKP, menurut saksi menerangkan, sekitar pukul 15.00 WIB, ada sekelompok pelajar berkisar 30 orang melintas di lokasi tersebut.


"Para pelajar itu ada lebih kurang 30 orang, datang dari arah Citraland dengan menggunakan atribut pelajar Pramuka dan tidak mengetahui asal sekolah sedang mengejar korban yang melintas di lokasi itu," jelas saksi.


Menurutnya, gerombolan pelajar yang datang dari arah Citraland langsung menebas dan mengenai pinggang kiri korban, serta mengambil sepeda motor korban, setelah menggambil sepeda motor korban, para pelaku tadi pergi ke arah Komplek MMTC.


Pada hari Selasa (15/11/22), berdasarkan hasil penyelidikan, tim mengetahui salah seorang pelaku. Pelaku ditangkap seputaran sekolah SMK Negeri I Percut Sei Tuan.


Tim yang dipimpin Kanit Reskrim, Iptu J. Simamora dan Panit Reskrim, Ipda Budi  menuju lokasi dan mengamankan diduga pelaku bernama Aulia Akbar Hasibuan (17), yang masih seorang pelajar.

 

Setelah dilakukan introgasi oleh petugas, pelaku Aulia Akbar mengakui perbuatannya dan memberitahukan teman-temannya yang lain yang terlibat dalam pencurian dengan kekerasan terhadap korban,


Hasil pengembangan, petugas dapat mengamankan 3 orang dengan masing-masing bernama Firman Syahputra (18), Onqy Tanta Kirana alias Babe (20), Ferdy Aryandy Lubis (18) di lokasi yang berbeda.


Menurut para pelaku, Babe dan Ferdi, sepeda motor korban telah dijual kepada Jepri di Pajak Gambir seharga Rp 1.900.000, dengan pembagian, Ferdy dan Babe masing-masing mendapat Rp. 500 ribu. Sementara, Firman mendapat Rp 100 ribu,  Bima Rp 150 ribu, dan Bang Mabok Rp 550 ribu, serta Jepri Rp 100 ribu. 


Sementara barang bukti, satu unit sepeda motor vario warna hitam tanpa plat, saru unit sepeda motor Vario warna hitam BK 4768 ADH, saru unit sepeda motor vario hitam BK 2754 AHB, dan sepasang baju warna hitam dan satu buah celana sekolah Pramuka warna coklat milik Firman Syahputra yang dipakai pada saat beraksi dan teridentifikasi pada CCTV di TKP, serta buah tas sekolah milik korban.


Pelaku yang diamankan, Aulia Akbar Hasibuan, M. Firman Syahputra, Onqy Tanta Kirana alias Babe, Ferdy Aryandy Lubis.


(red)