M-Ojek Aplikasi Ojol Karya Anak Bangsa, Memikirkan Kesejahteraan Drivernya


 

M-Ojek Aplikasi Ojol Karya Anak Bangsa, Memikirkan Kesejahteraan Drivernya

Selasa, 15 Maret 2022

Mhd Azis sebagai salah satu owner  dari aplikasi M-Ojek, layanan ojek online dan lainnya. (Foto : Fendi Lubis)


Metro7news.com, Medan Deli - Dimulai dari inspirasi dan motivasi sebagai rasa kepedulian terhadap kesejahteraan driver/ pengemudi ojek online, Mhd Azis bersama M. Hadi dan owner lainnya, menciptakan aplikasi Ojol dengan konsep serta visi dan misi yang berbeda dibandingkan aplikasi serupa lainnya.


Mhd Azis yang mengawali karirnya sebagai Manager Perusahaan Distributor Nasional Consumer Good terbesar di Indonesia, dan bergabung dengan group minimarket.


Kemudian sempat merasakan pahit getirnya kehidupan sebagai driver mobil Ojol di aplikasi lain. Hal ini diceritakan olehnya saat diwawancarai awak media di kantornya, Jalan Alvaka IX, No. 122, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli, Selasa (15/032022), sekira pukul 15:00 WIB.


Setelah kegiatan vaksinasi massal, tahap1, 2 dan 3 sebagai bukti kepedulian M-Ojek dalam mensukseskan program herd imunnity dari pemerintah, bersama Koramil Medan Deli, di Komplek Rusunawa Jalan Kayu Putih.




Mhd. Azis bersama owner lainnya membangun M-Ojek, memiliki visi sebagai Terbesar, Tersehat dan Amanah, juga misi-misi sebagai berikut :

1. Mensejahterakan driver atau mitra.

2. Memberi tarif hemat buat masyarakat luas.

3. Turut mengembangkan dan membesarkan UMKM.

4. Turut membangun perekonomian Indonesia.

5. Menjadi contoh bagi pengusaha lain untuk lebih memikirkan kesejahteraan atau mitra kerja/driver.


M-Ojek sebagai layanan berbasis ojek online, karya putra terbaik Indonesia dengan konsep M - Ojek semua diuntungkan, dengan mitra/pengemudi, konsumen dan merchant atau pedagang.


Menurut Mhd. Aziz, saat ini situasi di dunia per-ojolan dengan aplikasi serupa yang lebih besar lagi, sering dikeluhkan para drivernya. Hal ini bisa kita lihat dan didengar dari medsos komunitas driver, yang mana keluhan dari mereka adalah pendapatan semakin berkurang dan aplikator seperti lebih memihak kepada customer. Bahkan hal yang terburuk bagai para drivernya adalah selalu ada suspen bahkan PM (Putus Mitra) sepihak.


Sekarang ada aplikasi M-Ojek yang menjadi pilihan baru bagi para driver Ojol, customer dan merchant dimana owner pendiri aplikasi tersebut memikirkan kesejahteraan para driver/mitra dan keuntungan juga bagi para konsumen serta merchant/ pedagang yang bergabung di M-Ojek, dengan kata lain mengambil prinsip dasar syari'ah dimana semua pihak saling diuntungkan.


Aplikasi karya anak bangsa yang bisa memenuhi kebutuhan/keinginan para driver/ mitra kedepanya, dengan konsep-konsep nyata, visi dan misi yang diberikan dari M-Ojek.


Keuntungan buat driver yang diberikan ada sistem bagi hasil 50% dari keuntungan penjualan M-Ojek food di luar pendapatan ongkos kirim. 


"Hal ini yang belum ada di aplikator lain dengan sistem bagi hasil kepada driver/ pengemudinya, dengan konsep semua diuntungkan," ujar Mhd. Azis.


Selain bagi hasil dengan mitra pengemudinya, ada bentuk insentif  Rp 1.000/tripnya tanpa target dan tidak ada istilah gugur, yang dijamin belum ada di aplikator lain.




Pembatasan jumlah mitra/ pengemudi, agar konsumen dengan mitra pengemudi seimbang, sehingga pendapatan bisa stabil, juga belum ada di aplikator sebelah.


Selanjutnya, kata Azis, kami ada infaq sebesar 5% dari perusahaan yang berasal dari laba bersih perusahaan yang digunakan untuk kesejahteraan mitra pengemudi kedepanya, belum ada di aplikator lain.


Keuntungan Buat Konsumen, tarif penumpang, kirim barang, belanja dan pesan makan dijamin lebih hemat walau tanpa promo.


"Harga makanan lebih murah walau tanpa promo, tidak dikenakan biaya pemesanan," terangnya.


M. Hadi, selaku tim IT dari aplikasi M- Ojek dan salah satu owner menambahkan kepada awak media bahwa, M-Ojek juga memberikan keuntungan bagi merchant atau pedagang.


"Dengan fee hanya 10% dibawah standard aplikator lain minimal Fee 20%-30%, sehingga tanpa promo pun M-Ojek lebih murah," jelas M. Hadi 


Dilanjutkannya, dengan sistem cash pembeliannya sehingga modal merchant atau pedagang bisa diputar setiap harinya.


"Pembelian cash setiap harinya, sehingga modal bisa berputar dan tidak ada biaya sama sekali, bagi yang ingin bergabung bisa daftar secara online melalui Download Aplikasi M-Ojek di Playstore atau dapat  menghubungi Call Center M-Ojek 085376761974" ungkap M. Hadi.


( FL )