Dinkes Madina Segera Usulkan Rehab Pustu dan SDM di Desa Batumundom


 

Dinkes Madina Segera Usulkan Rehab Pustu dan SDM di Desa Batumundom

Selasa, 01 Agustus 2023

dr. Mhd Faisal Situmorang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal, Selasa (01/08/23).

Metro7news.com|Madina - Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan segera mengusulkan rehabilitasi bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di Desa Batumundom Kecamatan Muara Batang Gadis (MBG).


Demikian dikatakan Kadis Kesehatan Madina, dr Faisal Situmorang kepada wartawan, Selasa (01/08/23) diruang kerjanya.


Pernyataan tersebut beliau sampaikan ketika wartawan melaporkan temuan bahwa Pustu yang ada di Desa Batumundom Kecamatan MBG tidak berfungsi. Parahnya lagi, tim medisnya juga tidak ada terlihat bertugas di Desa yang ada di Pantai Barat Madina tersebut.


“Saya akui, ini adalah kekurangan kita. Hanya saja, saat ini SDM kita juga memang masih kurang untuk kita aktifkan di sana," ujarnya.


Untuk itu, imbuh mantan Kepala RSU Husni Thamrin Natal itu, Dinas Kesehatan Madina akan segera mengusulkan rehabilitasi dan mengisi SDM kesehatan di Pustu itu.


Sebelumnya, dari hasil penelusuran wartawan di Desa Batumundom Kecamatan MBG dan keterangan warga. Selama ini, apabila ada warga yang sakit, mereka membawanya ke Puskesmas yang ada di Desa Singkuang.


“Selama ini, apabila ada warga yang sakit selalu di bawa ke Puskesmas yang ada di Singkuang. Walaupun jaraknya lumayan jauh dari Desa Batumundom," terang warga Desa Batumundom Sukman Pulungan.


Sementara, Sukman Pulungan yang juga menjabat sebagai Kaur Desa Batumundom ini meminta agar Pemkab Madina segera mengaktifkan kembali Pustu yang ada di desanya itu.


Tidak hanya itu saja, Ia juga berharap adanya perhatian pemerintah untuk membangun insfrastruktur jalan serta jembatan dan ruang kelas di sekolah dasar (SD) yang ada di Desa Batumundom. 


(Syawal)