Pj Bupati Aceh Singkil Pantau Harga di Pasar Sianjo-anjo


 

Pj Bupati Aceh Singkil Pantau Harga di Pasar Sianjo-anjo

Kamis, 31 Agustus 2023

Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi memantau Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Sianjo-anjo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

Mentro7news.com|Aceh Singkil - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Azmi memantau Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Sianjo-anjo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, pada Rabu (30/08/23) kemarin.


Kepala Dinas Pangan Aceh Singkil, Abdul Haris mengatakan, SPHP artinya menjaga harga pasar dengan stabilisasi harga pangan dan pasokan harga.


"SPHP merupakan program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) kerja sama dengan Bulog," kata Abdul Haris, Kamis (31/08/23)


Kunjungan Pj Bupati, ujar Haris, guna menanyakan langsung kepada para pedagang mengenai harga beras SPHP.


Menurut pedagang harga beras SPHP yang di jual di Pasar  Sianjo-anjo paling tinggi harganya Rp 10. 000/ kilogram, ada juga yang menjualnya seharga Rp 9.800/kilogram.


Sementara itu, beras lain selain beras SPHP, dijual pedagang seharga 12 -13 ribu/ kilogram, tergantung kualitas berasnya.


Dalam lima hari belakang ini, kata Haris, pedagang beras SPHP mampu menjual beras hingga mencapai dua ton. 


"Informasi dari pedagang, Jum'at pekan lalu masuk dua ton beras, kemarin hanya sisa satu sak beras lagi," ungkapnya.


Melihat hal tersebut, Dinas Pangan diminta untuk berkoordinasi dengan Bulog agar semua kecamatan dapat di distribusikan beras SPHP. Lantaran untuk saat ini, pendistribusian beras SPHP masih di Kecamatan Gunung Meriah.


"Kita ajukan nanti ke Bulog agar pendistribusian beras SPHP merata ke semua kecamatan, biar terbantu masyarakat dengan harga beras yang terjangkau dengan kualitas yang bagus," ungkap Haris.


Haris berharap kepada Bulog agar menambah kuota beras SPHP agar kebutuhan pangan masyarakat, terutama yang ekonominya pas-pasan dapat terbantu, mengingat daerah ini merupakan daerah konsumtif.


(jhonwer manik)