Kepala BNN RI Canangkan Kelurahan Bersih Narkoba di Selat Tanjung Medan Kota Tanjungbalai


 

Kepala BNN RI Canangkan Kelurahan Bersih Narkoba di Selat Tanjung Medan Kota Tanjungbalai

Rabu, 24 April 2024

Kepala BNN RI Komjen Pol Drs Marthinus Hukom (tengah) saat melakukan konfrensi pers, usai pencanangan Kelurahan Bersinar.

Metro7news.com|Tanjungbalai - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN RI), Komisaris Jenderal Polisi Dr. Marthinus Hukom,SIK.,M.Si meresmikan pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai, Rabu (24/04/24).


Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Sumut yang mewakili Gubernur Sumatera Utara, Direktur Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desa Data dan Evaluasi Perkembangan Desa Kementerian Dalam Negeri, Muhammad Noval, ST, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH.,SIK.,M.Si, Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN RI Brigjen Pol Drs. Heri Maryadi, Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Tholib, Kepala BNNP Se Sumatera, Kapolres Tanjungbalai AKBP Yon Edi Winara, SH.SIK.MH, Dan Lanal TBA Letkol Laut Wido Dwi Nugraha, Kepala BNNK Tanjungbalai Henry Pahala Marbun, SE.MM, seluruh Kepala OPD Pemko Tanjungbalai dan jajaran Forkopimda Kota Tanjungbalai. 


Kepala BNN RI memberikan cenderamata kepada Wali Kota Tanjungbalai.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNN RI, Komjen Pol Drs. Marthinus Hukom, SIK mengatakan, program pencanangan Desa/Kelurahan Bersih Narkoba yang dilaksanakan oleh BNN merupakan implementasi dari kebijakan pemerintah yang menjadikan desa sebagai daerah prioritas pembangunan. 


Sehingga upaya Program Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) akan sangat efektif jika dimulai dari tingkat desa/kelurahan pula. 



Mantan Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror tersebut pun mengungkapkan bahwa penanggulangan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tak dapat dilakukan dengan sendiri-sendiri. 


Untuk itu, semua elemen masyarakat, unsur pemerintahan terendah seperti Lurah/Kades hingga Kepling dan seluruh stakeholder terkait, diharapkan dapat berkolaborasi dalam upaya mewujudkan Kelurahan Bersinar yang bersih dari narkoba. 



Lebih jauh, Kepala BNN RI mengatakan, pencanangan Kelurahan Bersinar di Kota Tanjungbalai merupakan upaya BNN dalam menjadikan masyarakat sebagai garda terdepan dalam pemberantasan narkotika.


Kelurahan Bersinar di Selat Tanjung Medan juga menjadi titik episentrum pemberantasan narkoba di tanah air. Hal itu selaras dengan kondisi Kota Tanjungbalai yang hingga saat ini sangat terkenal sebagai pintu masuk, laluan dan daerah transit narkoba dari wilayah perairan Internasional. 


"Kejahatan narkoba yang terstruktur dengan jaringan yang cukup luas seperti trans nasional, harus dilawan dengan cara yang terstruktur pula. Artinya semua potensi harus kita manfaatkan bagi menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba dan okupasi yang dilakukan oleh para mafia narkoba ditengah masyarakat," ujarnya. 


Kepala BNN RI juga menambahkan, bahwa Kelurahan Bersinar yang telah dicanangkan akan terus mendapat pendampingan. Agar penguatan program P4GN dapat lebih maksimal dilaksanakan dan mampu mencapai tujuan. 


Saat disinggung terkait adanya oknum APH yang ikut menjadi backing maupun pelaku tindak pidana narkoba, Kepala BNN RI dengan tegas mengatakan, bahwa BNN dan kepolisian telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam membersihkan narkotika dari internal institusi tersebut. Ia pun mencontohkan, baru-baru ini ada Perwira Tinggi yang telah mendapat tindakan tegas karena melakukan tindak pidana narkoba.


"Kita akan terus bertindak tegas terhadap siapapun itu, bahkan di internal kita, penindakan akan lebih keras lagi. Hal itu tentunya menunjukkan komitmen kita dalam melakukan pemberantasan," katanya. 


Kepala BNN RI juga meminta agar awak media dapat menguatkan narasi yang dapat merangsang masyarakat untuk bersedia dan tidak takut untuk melaporkan setiap tindak pidana narkotika yang diketahuinya. 


Hal itu tentunya akan menjadi sebuah kontribusi besar dari media dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia. 


"Kepada rekan-rekan media, saya berharap agar dapat membangun dan menguatkan narasi yang dapat merangsang masyarakat kita untuk bersedia dan tidak takut melaporkan segala bentuk tindak pidana narkotika. Laporkan, jangan takut, sebab narkoba adalah musuh kita bersama," tutupnya. 


(ds)