PAC IPK Wilayah Selatan Lakukan Jum’at Bersih


 

PAC IPK Wilayah Selatan Lakukan Jum’at Bersih

Jumat, 03 Desember 2021

 

Ketua PAC IPK (kiri), beserta unsur pengurusnya saat melakukan kegiatan Jum'at bersih. (foto/Irdiansyah)

Metro7news.com, Percut Sei Tuan - Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pemuda Karya(PAC IPK), Kecamatan Percut Sei Tuan Wilayah Selatan dibawah Pimpinan Suheri Effendy Lubis melakukan Jum'at bersih, Jum'at (03/12/21). 


Jum'at bersih tersebut mengambil titik di Pasar XII Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang yang berbatasan dengan Desa Bandar Setia dan Desa Bandar Khalipah. 



Dimana kegiatan tersebut melakukan pembersihan sampah-sampah di jalur drainase pembuangan dengan cara menurunkan satu unit alat berat eskavator. 


Di sela-sela kegiatan, Ketua IPK Kecamatan Percut Sei Tuan Wilayah Selatan, Herry Podomoro panggilan akrabnya yang didampingi , Black Juki dan Endri Mahuto pada awak media mengatakan, kegiatan Jum’at bersih ini merupakan kegiatan pembersihan sampah di sepanjang saluran drainase yang sudah menumpuk, sehingga air tidak dapat mengalir normal.


“Parahnya lagi bila hujan, daerah kerap banjir. Karena tidak ada perhatian dari pihak yang berkompeten, kami ambil kebijakan untuk membersihkannya, dengan menyewa alat berat eksavator hasil swadaya warga,”ucap Herry.


Masih kata Herry, kegiatan ini tidak terlepas dari andil dari PAC IPK dan Anak Ranting IPK Wilayah Selatan, Kecamatan Percut Sei Tuan.


“Kegiatan ini murni biaya kami dengan cara patungan sesama anggota tidak melibatkan Pemerintah Desa dan Kecamatan Percut Sei Tuan,”ungkapnya. 


Menurutnya, kegiatan yang dilakukan ini di karenakan banyaknya keluhan masyarakat banyak. Karena tidak adanya tanggapan dari pihak berkompeten, PAC IPK berserta anak rantingnya turun untuk melaksanakan keluhan masyarakat tersebut.


“Kita harus tanggap dengan lingkungan, terlebih lagi dengan keluhan masyarakat sekitar yang perlu bantuan kami. Walaupun selama ini asumsi negatif sering kami terima, itu tidak menjadi kendornya semangat kami untuk membantu masyarakat. Seperti yang kami lakukan hari ini,”tambah Herry. 

                           

Terpisah, ADV. Indra Surya Nasution, salah seorang Tokoh Pemuda di Kecamatan Percut Sei Tuan, mengapresiasi apa yang telah diperbuat oleh PAC IPK Kecamatan Percut Sei Tuan dibawah Kepemimpinan Herry Podomoro. 


Dengan biaya pribadi tanpa meminta minta bantuan pemerintah dapat melakukan Jum'at bersih dengan cara mendatangkan satu unit alat berat berupa eskavator demi mengatasi ancaman banjir bagi masyarakat di tiga desa tersebut.


“Semoga apa yang telah dilakukan PAC IPK Kecamatan Percut Sei Tuan Wilayah Selatan ini dapat menjadi contoh bagi  organisasi lainnya yang ada di kecamatan ini. Seharusnya Pemerintah Kecamatan Percut Sei Tuan, khususnya dan Kabupaten Deli Serdang umumnya, tidak menutup mata terhadap keluhan masyarakat,”imbuhnya.


Lanjutnya, OKP saja yang tidak memiliki dana bisa berbuat. Kenapa pemerintah yang mempunyai anggaran dari APBD tidak dapat berbuat untuk rakyatnya sendiri. (red)