Rapimwil IWO Sumut Dibuka Oleh H. T. Erry Nuradi Dihadiri Oleh Wakil Bupati Sergai


 

Rapimwil IWO Sumut Dibuka Oleh H. T. Erry Nuradi Dihadiri Oleh Wakil Bupati Sergai

Jumat, 25 Maret 2022

Ketua PW IWO Sumut Yudhistira Adi, bersama  penasehat IWO Sumut H.T Erry Nuradi dan wakil Bupati Sergai Adlin Umari Tambunan,membuka Rapimwil IWO Sumut. (Foto : Agus)


Metro7news.com, Sergai - Rapat Pimpinan Wilayah Sumut, Ikatan Wartawan Online  (Rapimwil IWO) digelar dalam rangka meningkatkan kualitas dan menjawab permasalahan yang sering dialami oleh wartawan online dalam menjalankan tugas sebagai kontrol sosial.


Acara yang dilaksanakan oleh PD IWO Kabupaten Sergai bersama PW IWO Sumut, selama dua hari dimulai pada Jum'at (25/03/2022) hingga Sabtu (26/03/2022) sekira pukul 10:00 WIB. Sekitar delapan Pimpinan Daerah/Kabupaten dan Kota sebagai peserta dalam Rapat Pimpinan Wilayah. Seperti PD IWO Kota Medan, PD IWO Kabupaten Deli Serdang, PD IWO Tebing Tinggi, PD IWO Kabupaten Samosir, PD IWO Kabupaten Batubara, PD IWO Labuhan Batu Selatan, PD IWO Kabupaten Tapanuli Tengah dan PD IWO Kabupaten Sergai.


Ketua Panitia pelaksanaan acara, adalah Amri dari Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi PW IWO Sumut yang  dipimpin langsung oleh Ketua PW IWO Sumut Yudhistira Adi S.IKom. Kegiatan ini diadakan di Theme Park Resort Hotel Pantai Cermin, yang  juga dihadiri Mantan Gubsu H.T Erry Nuradi selaku penasehat dan Pembina PW IWO Sumut, juga Wakil Gubernur Sumut H. Musa Rajekshah yang diwakili oleh Kabid Infokom Provinsi Sumut Hartina Zuhri, serta Wakil Bupati Sergai, Adlin Umari Tambunan, didampingi oleh Wakapolres Sergai Kompol Sofyan SH, serta Forkopimda juga Forkopimcam di Kecamatan Pantai Cermin.


Kata sambutan diawali dengan pembukaan Rapimwil oleh Ketua Panitia, Amri, yang menyampaikan rasa terima kasihnya atas semua dukungan dari berbagai pihak dan mengucapkan selamat datang kepada para undangan rapat, yaitu tamu kehormatan dan para pengurus IWO Wilayah se - Sumatera Utara yang berkenan hadir.


Ketua PW IWO Sumut, Yudhistira Adi, S.Ikom, mengatakan, dalam sambutannya bahwa rapat kerja yang digelar sebagai jawaban dari pertanyaan setiap insan pers media online terkait verifikasi dan sertifikasi yang menjadi salah satu syarat validnya sebuah media online dan seorang wartawan online.


"Padahal sesuai dengan UU pokok Pers No 40 tahun 1999 tidak ada disebutkan sebuah media harus verifikasi dan seorang wartawan harus sertifikasi uji kompetensi," ujarnya.



Selanjutnya, H.T Erry Nuradi selaku Penasehat dan pembina PW IWO Sumut menyampaikan bahwa, semoga Rapimwil ini dapat berjalan lancar dan sesuai lagu mars IWO, sebagai wartawan online yang memberikan berita benar bukan hoax, karena perbedaan antara media cetak dan online sedikit berbeda.


"Kalo media cetak ada ralat dan hak jawab, namun media online ada UU ITE yang berkaitan dengan pemberitaan online," ucap H.T Erry Nuradi.


Dalam sambutan Wakil Gubernur Sumut, H. Musa Rajekshah yang diwakili dan dibacakan oleh Kabid Infokom Provinsi Sumut, Hartina Zuhri, bahwa Ikatan Wartawan Online ( IWO ) Sumut sebagai wadah bagi Perusahaan Pers dan wartawan media online diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat dan seimbang sesuai dengan kode etik jurnalistik dan UU Pers nomor 40 tahun 1999.


Wakil Bupati Sergai, Adlin Umari Tambunan, mengatakan telah sejak awal selalu menjadikan wartawan dan media sebagai mitra strategis, dimana posisi media khususnya media online lebih cepat akses dalam penyampaian informasi serta berita di era digital seperti sekarang ini.


"Saya menjalin hubungan baik dengan teman-teman media sebagai mitra yang dapat membantu memberikan informasi up-to-date, demi kemajuan kabupaten Sergai," ungkapnya.


Dalam hal ini, harapan Wakil Bupati Sergai agar Rapimwil yang diadakan ini mampu memberikan suatu perubahan yang baik, khususnya kepada wartawan online di daerah Sergai ini.


"Saya mengharapkan ada perubahan yang baik dari hasil Rapimwil IWO Sumut yang digelar, khususnya wartawan online di Sergai ini," tutur Adlin Umari Tambunan.


Usai kata-kata sambutan, acara Rapimwil IWO Sumut dibuka dengan ditandai pemukulan gong secara simbolis oleh Penasehat IWO Sumut, H.T Erry Nuradi.


(Agus)