Wali Kota Sambut Kunjungan Ketua Ombudsman RI di Pemko Tanjungbalai


 

Wali Kota Sambut Kunjungan Ketua Ombudsman RI di Pemko Tanjungbalai

Jumat, 09 Juni 2023

Wali Kota sambut Kunker Ombudsman RI ke Tanjungbalai dalam rangka kepatuhan publik dan berlangsung di Aula Sutrisno Hadi Balai Kota Jalan Jenderal Sudirman Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai. (Doc-Ist)

Metro7news.com | Tanjungbalai - Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Mohammad Najih, SH, M.Hum, Ph.D melakukan kunjungan kerja dalam rangka kepatuhan publik ke Pemko Tanjungbalai. Kunjungan tersebut berlangsung di Aula Sutrisno Hadi Balai Kota, Jalan Jenderal Sudirman Sijambi Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Kamis (08/06/23).


Amatan media, selain Ketua Ombudsman RI, kegiatan juga dihadiri oleh Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Tholib, Kepala Ombudsman Sumut, Abyadi Siregar, SH, Sekdako, Nurmalini Marpaung, S.Sos, M.I.Kom, Asisten III Wali Kota, Drs.Walman Riadi P Girsang, MAP, Wakapolres.



Sementar, AKBP H Jumanto, SH., MH, mewakili Dandim 0208/AS Kapt (Inf) Ediyanto, mewakili Dan Lanal TBA Letda Laut (E) Bayu Bahari, SH, Ketua PWI Tanjungbalai Ridwan Marpaung, OPD di jajaran Pemko Tanjungbalai, perwakilan Tokoh Masyarakat, Ormas dan OKP.


Kehadiran Ketua Ombudsman di Balai Kota, diiringi dengan pertunjukan pencak Silat dan Tari Persembahan khas Melayu. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota memakaikan Calok atau topi khas Melayu serta memberikan plakat dan cendera mata kepada Mohammad Najih sebagai sambutan.


Wali Kota, H.Waris Tholib mengatakan, kunjungan Ketua Ombudsman beserta rombongan akan menambah energi bagi Pemko Tanjungbalai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemko Tanjungbalai berkomitmen dan memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan good governance yang bebas dari KKN. 


Menurutnya, komitmen tersebut telah dibuktikan dengan pelaksanaan assesment dalam pengisian jabatan ASN dan pemberian jaminan kesehatan kepada 95 persen masyarakat Kota Tanjungbalai yang terakomodir dalam layanan BPJS. 


Beberapa waktu lalu, berdasarkan laporan BPK, Kota Tanjungbalai mengalami peningkatan signifikan dalam hal laporan keuangan dari program yang telah dicanangkan.


"Semoga kedepannya, Kota Tanjungbalai tidak lagi berada di zona merah, tapi sudah melangkah lebih jauh ke zona hijau," ungkap Wali Kota. 


Ditempat sama, Ketua Ombudsman RI Mohammad Najih menyebutkan, dalam melakukan penilaian, Ombudsman tidak melihat bagaimana program itu dianggarkan dan dilaksanakan. 


Namun, sejauh mana dan seberapa besar, dan apa program tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. 


Menurutnya, Aspek pelayanan publik harus memiliki dasar hukum yang kuat, seperti persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya, produk layanan, sarana dan prasarana pendukung, kompetensi pelayanan serta penanganan dan pengaduan. 


"Dengan semangat yang dimiliki oleh pak Walikota, saya yakin Tanjungbalai akan lebih maju membuat terobosan baru dalam hal pelayanan publik," ujarnya.


(Dst7)