Workshop Pencegahan Plagiarisme Resmi Dibuka Oleh Walikota Tanjungbalai

Workshop Pencegahan Plagiarisme Resmi Dibuka Oleh Walikota Tanjungbalai

Senin, 20 November 2023

Ketua PWI Sumut Parianda Putra Sinik, SE saat memberi sambutan dalam kegiatan Workshop.

Metro7news.com|Tanjungbalai - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tanjungbalai menggelar workshop pencegahan plagiarisme pada karya tulis jurnalistik yang merupakan rangkaian dari kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Angkatan 61 Tahun 2023 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Tanjungbalai, Senin (20/11/23).


Kegiatan Workshop dihadiri oleh, Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Tholib, S.Ag.MM, Ketua PWI Sumut, Parianda Putra Sinik, SE, Sekretaris PWI Sumut, Hamonangan Panggabean, Ketua Bidang Organisasi, David Swayana, Kadis Kominfo Tanjungbalai, Andrinuka Saptana, Narasumber Workshop Sofyan Anang Harahap Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumut, Ketua PWI Kota Tanjungbalai, Ridwan Marpaung, SE. SH beserta pengurus, insan pers dan sejumlah mahasiswa. 


Wal Kota Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan, Pemko Tanjungbalai merasa sangat terbantu dengan kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh PWI tersebut. 

Usai membuka secara resmi kegiatan Workshop, Wali Kota Tanjungbalai, H. Waris Tholib, S.Ag. MM dalam amanatnya mengatakan, Pemko Tanjungbalai merasa sangat terbantu dengan kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh PWI tersebut. 


Menurutnya, Pemko Tanjungbalai terus menerus berupaya untuk menggali semua potensi besar yang ada, termasuk potensi jurnalis. Kegiatan pra UKW, workshop dan UKW yang digelar, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas jurnalis yang ada di Kota Tanjungbalai. 



Wali Kota menambahkan, peningkatan pengetahuan dan profesionalitas terhadap Jurnalis merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Pemerintah Kota Tanjungbalai sejauh ini sangat mendukung pelaksanaan UKW yang pernah direncanakan pada 2021 dan 2022 lalu, namun sekarang baru dapat terlaksana.


"Jika jurnalis yang ada di Tanjungbalai memiliki kualitas, profesionalitas dan kompeten dalam melaksanakan tugasnya, tentunya akan sangat membantu pemerintah dalam menggerakkan roda pembangunan daerah," ujarnya. 


Ketua PWI Sumut, Parianda Putra Sinik, SE dalam sambutannya mengatakan, PWI Sumut mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh PWI Kota Tanjungbalai, khususnya kegiatan workshop pencegahan plagiarisme yang menurutnya amat menarik untuk dibahas. 


Parianda menambahkan, pelaksanaan kegiatan pra UKW, workshop dan UKW yang akan digelar hingga 22 November 2023 nanti, merupakan sarana pembelajaran bagi para jurnalis untuk tidak melakukan plagiat dan menghindari terjadinya benturan hukum dalam pemberitaan yang dimuat oleh wartawan. 


Sehingga, kegiatan yang digelar oleh PWI Kota Tanjungbalai akan memberi out put yang positif bagi para jurnalis. 


"Dalam upaya peningkatan profesionalisme jurnalis, PWI Sumut telah menetapkan 10 program kerja, yang 8 diantaranya merupakan program pendidikan dan pelatihan jurnalis. Hal itu menunjukkan bahwa PWI Sumut sangat berkomitmen dalam meningkatkan pemahaman bagi para pekerja pers di Sumatera Utara," sebutnya.


(Dst7)