Sudah Bertahun-tahun Kampung Guha Tidak Tersentuh Pembangunan, PJ Bupati : Masyarakat Diharap Sabar, Semuanya Akan Dituntaskan


 

Sudah Bertahun-tahun Kampung Guha Tidak Tersentuh Pembangunan, PJ Bupati : Masyarakat Diharap Sabar, Semuanya Akan Dituntaskan

Senin, 01 Januari 2024

Kondisi jalan menuju Kampung Guha, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil.

Metro7news.com|Aceh Singkil - Diakhir Tahun 2023 tepatnya, Minggu (31/12/23) 31 awak media Metro7news.com, bersama beberapa awak media lain melakukan liputan khusus ke Kampung Guha, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil.


Melewati jalan berbukit dan jalan berlumpur, akhirnya sampai ke Kampung Guha. Namun diperjalanan menuju Kampung Guha tersebut harus melewati jalan yang penuh lumpur dan tidak adanya penerangan listrik sejak berdirinya kampung tersebut.


Paulus Tumangger, Ketua BPG Kampung Guha.

Jadi membuat awak media penuh tanda tanya, bagaimana mungkin selama 79 tahun Indonesia merdeka, di salah satu daerah Provinsi Aceh yang mempunyai dana otonomi khusus (Otsus), ternyata masih ada kampung yang jalannya cukup ekstrim, dan tanpa ada aliran listrik.


Pada kesempatan itu, awak media berkesampatan melakukan wawancara dengan Kepala Kampung Guha, Dapot Padang yang berharap kepada Presiden RI, Ir. Joko Widodo, dan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, serta Pj Bupati Aceh Singkil, Drs. Azmi M.AP, agar memprioritaskan pembangunan jalan di  Guha yang masih terisolir sampai saat ini.


Mirisnya lagi, anak sekolah mulai dari tingkat, SD, SMP, SMA, wajib keluar kampung bersekolah yaitu ke arah, Kecamatan Suro Makmur atau ke Kampung Lae Gambir, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil untuk mendapatkan pendidikan yang layak.


Dan pada saat itu, beberapa para awak media juga bertemu dengan mantan Kepala Kampung Guha, Markus Manik, beserta Ketua BPG Kampung Guha, Paulus Tumangger, dia mengungkapkan telah bertahun-tahun meminta melalui Musrenbang di tingkat kecamatan dan kabupaten agar kampungnya dapat jalan aspal dan aliran listrik, sayangnya sampai saat ini permintaan tersebut tidak pernah di respon.


"Melalui pemberitaan media ini, kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil maupun provinsi baik melalui dana pusat, provinsi, maupun Kabupaten Aceh Singkil, agar dapat membangun berbagai fasilitas seperti, pengaspalan jalan, penerangan listrik, pembangunan, sekolah SD, SMP dan SMA," kata Markus Manik dan Paulus Tumangger, Senin (01/01/24).


Terpisah, Pj Bupati Aceh Singkil menuturkan kepada awak media ketika di konfirmasi melalui hp selulernya mengatakan, akan membawa harapan masyarakat ini sampai tuntas, baik jalan maupun listrik.


"Saya mohon kepada masyarakat bersabar, mengenai permintaan pembangunan Kampung Guha akan dituntaskan," jawab Azmi.


(jhonwer manik)