Pemdes Kampong Panji Salurkan Bantuan Langsung Tunai, Ini Kriterianya


 

Pemdes Kampong Panji Salurkan Bantuan Langsung Tunai, Ini Kriterianya

Sabtu, 30 Maret 2024

PJ Kepala Kampong Panji menyerahkan BLT DD Anggaran Tahun 2024 kepada masyarakat penerima manfaat di Aula Desa Panji.

Metro7news.com|Subulussalam - Pemerintah Desa (Pemdes) Panji, Kecamatan Longkib, Kota Subulussalam salurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa Tahun Anggaran 2024 di Aula Desa Panji. Sabtu (30/03/24).


Gunari, S.Pd, selaku pejabat (PJ) Kepala Desa Panji mengatakan, pada Tahun 2024 ini Pemdes Panji menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 18 kepala keluarga sebagai penerima manfaat.


Bantuan tersebut setiap kepala keluarga (KK) mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 900.000 untuk 3 bulan sekaligus (Januari-Maret 2024).



Menurut Gunari, S.Pd, BLT tahun ini sudah dirubah oleh Kementerian Desa, katagori penerima BLT sebelumnya, pada saat pandemi covid, menjadi BLT ekstrem miskin yang merupakan bantuan yang disalurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem. Kita salurkan sesuai anjuran pemerintah untuk katagori penerimanya.


Dan dalam mekanisme penyalurannya, BLT Kemiskinan Ekstrem nominalnya Rp 300 ribu/bulan atau Rp 3,6 juta/tahun dengan tahap pencairan 3 bulan sekali.


"Jadi total dana BLT Kemiskinan Ekstrem yang diterima Rp 900 ribu atau tiga bulan sekaligus," ujar Gunari, S.Pd, Sabtu (30/03/24) 


Acara dihadiri pendamping desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat serta puluhan warga lainnya.


Adapun beberapa kategori yang berhak menerima BLT Kemiskinan Ekstrem sebagai berikut, keluarga miskin atau rentan miskin, kategori keluarga miskin ekstrem, dan keluarga miskin lanjut usia.


Bantuan ini diprioritaskan untuk keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan kategori Lansia berumur 60 tahun ke atas.


Dan, keluarga miskin anggota keluarga disabilitas. Keluarga miskin dengan kategori ekstrem mempunyai anggota keluarga yang menyandang disabilitas.


PJ Kepala Desa Panji, Gunari, S.Pd berharap kepada warga penerima manfaat untuk dapat mempergunakan uang bantuan tersebut dengan baik, apalagi di bulan Ramadhan ini agar bermanfaat sesuai kebutuhan.


(Raja Kombih)