Setelah Enam Tahun Lamanya Tak Beroperasi, Kini Bandara Syekh Hamzah Fansyuri Aceh Singkil Beroperasi Kembali


 

Setelah Enam Tahun Lamanya Tak Beroperasi, Kini Bandara Syekh Hamzah Fansyuri Aceh Singkil Beroperasi Kembali

Kamis, 21 Maret 2024


Setelah enam tahun lamanya tak beroperasi, kini Bandara Syekh Hamzah Fansyuri Aceh Singkil Beroperasi Kembali Dengan Penerbangan perdananya Susi Airline dengan rute Singkil-Medan dan Medan-Singkil. (doc-Ist)

Metro7news.com|Singkil - Setelah lama vakum, penerbangan perdana pesawat dengan rute Medan-Singkil dan Singkil-Medan kini di aktifkan kembali oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil di Bandar Udara Syekh Hamzah Fansyuri. Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil. Kamis (21/03/24).


Mengawali kedatangan pesawat perdana, Forkopimda Aceh Singkil melaksanakan tradisi adat Aceh peusijuek di Bandara Syekh Hamzah Fansyuri, dimana Peusijeuk merupakan sebuah prosesi adat budaya Aceh yang yang masih dipraktikkan hingga saat ini. 


Kapolres dan Forkopimca Aceh Singkil menanti penerbangan perdananya Pesawat di Bandar Udara Syekh Hamzan Fansyuri.

Tradisi peusijuek ini dilakukan pada hampir semua kegiatan adat dalam kehidupan masyarakat di Aceh. Misalnya ketika memulai sebuah usaha, menyelesaikan persengketaan, terlepas atau selesai dari musibah, menempati rumah baru, merayakan kelulusan, memberangkatkan dan menyambut kedatangan orang berpergian, kembalinya keluarga dari perantauan dan masih banyak lagi.


Kegiatan peusijeuk yang dilakukan di Bandar Udara Syekh Hamzan Fansyuri ini dilakukan dengan adanya pembukaan penerbangan atau keberangkatan perdana dan pengaktifan kembali di Bandar Udara Syekh Hamzah Fansyuri di Kabupaten Aceh Singkil.


Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk pejabat daerah Kabupaten Aceh Singkil, perwakilan maskapai penerbangan, dan masyarakat setempat.


Dalam acara tersebut, Kapolres Aceh Singkil, AKBP Suprihatiyanto menyampaikan, pentingnya penerbangan perdana ini dalam mendukung konektivitas dan pembangunan di wilayah Aceh Singkil. 


Serta juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pihak terkait dalam memulihkan operasional Bandar Udara Syekh Hamzah Fansyuri setelah 6 tahun lamanya tidak beroperasi.


“Saya harap dengan aktifnya kembali bandara udara ini, Kabupaten Aceh Singkil dapat merasakan dampak yang positif bagi perekonomian dan pariwisata di Aceh Singkil," ujar Kapolres.


Tambahnya, Kabupaten Aceh Singkil ini lanjut Kapolres, adalah merupakan salah satu tempat destinasi wisata paling bagus di Aceh dengan ke indahan pantai dan pulau-pulaunya serta wisata religi di bumi Syekh Abdurrauf As-singkily ini.


"Serta kami dari Polres Aceh Singkil siap mendukung pembangunan Kabupaten Aceh Singkil dalam hal ini, akan memberi dukungan penuh terhadap jaminan keamanan di bandara, Sehingga masyarakat yang melaksanakan penerbangan ke dan dari Aceh Singkil mendapat rasa aman dan nyaman," pungkas AKBP Suprihatiyanto. 


Dalam hal ini, maskapai yang beroperasi di Bandar Udara Syekh Hamzan Fansyuri ini merupakan maskapai milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Ibu Dr. Susi Pudjiastuti dengan Maskapai Susi Air Rute Perintis Sinabang dengan tujuan Singkil-Medan dan Medan-Singkil.


(jhonwer manik)