Pj Bupati Aceh Singkil Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPK 2025


 

Pj Bupati Aceh Singkil Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPK 2025

Selasa, 02 April 2024

Pj Bupati Aceh Singkil, Drs. Azmi MAP, membuka Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPK Tahun 2025 di Aula  Kantor Bappeda Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (02/04/24).

Metro7news.com | Aceh Singkil - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Drs. Azmi MAP, membuka Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPK Tahun 2025 di Aula  Kantor Bappeda Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (02/04/24).


Musrenbang tahun ini terasa agak istimewa, sebab beriringan dibahas RPJPD untuk 20 tahun ke depan yang telah ditetapkan melalui peraturan daerah (Perda) atau Qanun Aceh Singkil. Dimana nantinya akan diterjemahkan oleh para calon kepala daerah ke dalam visi misi dan janji politiknya. 


"Apabila terpilih kemudian menjadi pemimpin yang bakal di rumuskan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah atau  5 tahunan," sebut Bupati.


Semua itu sebut Azmi, guna mewujudkan transformasi atau mewujudkan ketertiban dan keamanan daerah yang berdemokrasi tangguh stabilitas dan pelaksanaan syariat Islam, perbaikan sarana dan prasarana yang berkualitas. 


Semua kesempurnaan visi dan misi RPJP Kabupaten Aceh Singkil yang telah di rumuskan tersebut, tentu masih membutuhkan masukan dan saran dari para pemangku kepentingan.


Begitu juga arah RKP Tahun 2025 dan kebijakan pembangunan akan di rumuskan dengan memperhatikan arah kebijakan Provinsi Aceh dan nasional serta rencana pembangunan kabupaten atau LPK Aceh Singkil sebagaimana telah ditetapkan melalui peraturan Bupati Aceh Singkil Nomor 11 Tahun 2022. 


"Selanjutnya, arah kebijakan pembangunan Tahun 2025 Pemerintah Kabupaten Singkil juga memperhatikan isu-isu strategis daerah," ucap Azmi. 


Dan hasil evaluasi serta capaian kinerja pembangunan Tahun 2023 sehingga tujuan dan sasaran pembangunan yang direncanakan benar-benar sesuai dengan kondisi Kabupaten Aceh Singkil.


Oleh karena itu, kebijakan pembangunan 2025 diarahkan untuk mengatasi berbagai masalah. Baik itu masalah kemiskinan, infrastruktur, pendidikan, kesehatan maupun lingkungan hidup dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, pemerintah melakukan berbagai kebijakan strategi.


Yaitu, berupa optimalisasi pengelolaan sektor unggulan peningkatan pelayanan publik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.


Upaya meningkatkan perekonomian daerah Tahun 2025 Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil mengusung tema peningkatan kualitas layanan dasar infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan peningkatan perekonomian daerah. 


Ada 6 prioritas pembangunan Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2025 mendatang, Peningkatan desain sumber daya manusia dan pelayanan publik, Peningkatan sarana dan prasarana pelayanan dasar, Penurunan angka kemiskinan, Meningkatkan industri kepariwisataan pertanian dan Perdagangan.

 

Serta, Meningkatkan Infrastruktur yang terintegrasi dan meningkatkan mitigasi bencana dan Pelestarian lingkungan hidup.


"Untuk kemajuan daerah kita tercinta ni mari bersama-sama kita berbenah dan mengurangi ego sektoral kita agar pembangunan yang kita rencanakan bisa berkesinambungan dan berdampak terhadap masyarakat Kabupaten Aceh Singkil secara keseluruhan, ucapnya. 


Lanjutnya, pembangunan yang kita rencanakan harus memperhatikan kebutuhan masyarakat serta dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, sehingga Kabupaten Singkil bisa terbebas dari belenggu kemiskinan.


Ditambah memajukan pendidikan, meningkatkan kesehatan masyarakat, mengatasi permasalahan air bersih, dan hal lainnya.


Karena APBK kita relatif kecil, sehingga pembangunan yang dilakukan kurang optimal. Melalui forum ini kami memiliki pesan kepada Pemerintah Provinsi Aceh untuk konsisten melaksanakan pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.


"Kami ulangi, kami berharap pembangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Aceh baik yang telah direncanakan dan telah dimulai tapi belum selesai dapat segera dituntaskan guna mendukung percepatan pengembangan perekonomian di Kabupaten Aceh Singkil," harap Azmi. 


Pantauan Metro7news.com, yang hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Aceh Singkil, Drs. Azmi, MAP, Sekda Kabupaten Aceh Singkil, Ahmad Rifa'i, serta unsur Forkopimda, SKPK dan undangan lainnya. 


(Jhonwer manik)