Sosper Produk Hukum Daerah ke IX Kota Medan No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah


 

Sosper Produk Hukum Daerah ke IX Kota Medan No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah

Minggu, 11 September 2022

 

Afif Abdillah, SE anggota DPRD Kota Medan melakukan sosialisasi mengenai peraturan produk hukum daerah Kota Medan tentang persampahan. (ist)

Metro7news.com | Medan - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Afif Abdillah, SE meminta kepada masyarakat ikut menjadi turut serta antisipasi pembuangan sampah sembarangan, terutama ke parit atau selokan yang mengakibatkan banjir.


Hal itu berlangsung saat melaksanakan sosialisasi peraturan (Sosper( Produk Hukum Daerah Kota Medan, tahun anggaran (TA) 2022, mengenai Perda Nomor 6 Tahun 2015  tentang Pengelolaan Persampahan yang diadakan di Jalan Denai Gang Dua, Kelurahan Tegal Sari 1, Kecamatan Medan Area, Sabtu (10/09/22) yang dimulai pukul 14.00 WIB.



Hadir dalam acara tersebut, Ketua Partai Nasdem Medan Area, Ketua Jembatan Hati Medan Area, Lurah Binjai, Tokoh Agama, serta perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan masyarakat sekitarnya.


Afif dalam pidatonya mengatakan, bahwa permasalahan sampah itu semua tergantung dari rumah.



Kadang masyarakat sembarangan membuang sampah ke dalam parit sehingga membuat air sumbat dan ketika hujan datang mengakibatkan kebanjiran.


"Jadi sampah harus di kelola dengan tidak membuang sembarangan," ujar Afif.


Lanjut Afif, bahwa pemerintah telah menggelontorkan dana trilyunan untuk pengelolaan sampah, tetapi kalau masyarakat tidak  respon dengan membuang sampah sembarangan maka sia-sia usaha dari pemerintah.


Afif juga mencotohkan di negara maju, seperti Singapura yang menghukum denda bagi masyarakatnya yang membuang sampah sembarangan.


"Namun di negara kita peraturan ini belum diterapkan," jelasnya.


Diakhir pidatonya, Afif mengatakan bahwa, dirinya tidak menganggap sebagai anggota dewan, tetapi menganggap dirinya pejuang rakyat yang di sambut tempuk tangan yang gemuruh dari masyarakat yang hadir.


(BS)