Muspika Percut Sei Tuan Tinjau Lokasi Banjir di Desa Samtim, Yang Terparah Dusun IV


 

Muspika Percut Sei Tuan Tinjau Lokasi Banjir di Desa Samtim, Yang Terparah Dusun IV

Minggu, 20 November 2022

Muspika Percut Sei Tuan meninjau lokasi banjir di Desa Samtim, serta menyerahkan bantuan Sembako. (foto : Yan)

Metro7news.com| Percut Sei Tuan - Muspika Percut Sei Tuan dibawah koordinasi Camat Percut Sei Tuan, A. Fitrian Syukri ,S.STP., M.SI, meninjau lokasi banjir dan salurkan bantuan berupa Sembako kepada korban banjir di Desa Sambirejo Timur (Samtim), Minggu (20/11/22) pagi tadi.


Bantuan tersebut berupa, Beras, Telur, Mie Instan dan Minyak Goreng, dan diserahkan langsung oleh Camat Percut, Danramil 13/Pst, serta  Kapolsek Percut Sei Tuan, ke Posko penanggulangan banjir juga Posko Kesehatan yang dibentuk Puskesmas Bandar Khalipah, di Masjid Yahya Kalfut Salim Dusun empat Desa Sambirejo Timur. 



Banjir di Desa Samtim, yang terparah adalah Dusun IV, banjir yang di akibatkan hujan deras pada Jum'at (18/11/22) malam yang mencapai ketinggian air berkisar sepaha orang dewasa. Sampai saat ini air  masih menggenangi rumah hampir 400 KK. 


Hal tersebut disampaikan Kepala Desa (Kades) Samtim, M. Arifin pada awak media yang memantau langsung penyaluran bantuan Sembako tersebut.


"Sabtu semalam ketinggian air di dusun ini mencapai sepaha orang dewasa, hari Minggu ini sudah jauh surut dan kita doa kan agar malam nanti dah seterusnya jangan lagi hujan," harap Kades Samtim. 


Menurutnya, banjir disini diakibatkan meluapnya Sungai Batangkuis yang berbatasan langsung dengan Desa Samtim, tepatnya Dusun IV.


"Untuk mengatasi meluapnya air dari sungai tersebut, kami dari Pemerintah Desa sudah melakukan penutupan tiga pintu drainase pada ujung pembuangan ke sungai dengan alat seadanya menunggu nantinya ada pembuata pintu klep yang akan dibuat oleh Pemkab Deli Serdang," ungkap Kades.


Tambahnya, Pemerintah Desa Samtim sudah melaporkan penyebab banjir di dusun ini pada Pemerintah Kecamatan Percut Sei Tuan, untuk dilanjutkan ke Pemkab Deli Serdang.


Sementara, Camat Percut Sei Tuan yang didampingi  Koramil 13/Pst, Mayor Inf Romy Sembiring dan Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Agus Setiawan, SIK, menyarahakan bantuan itu langsung ke dapur umum yang dibentuk Pemeritah Desa Samtim bersama Puskesmas Bandar Khalipah.


Yang nantinya diolah menjadi makanan dan disalurkan langsung kepada warga yang terdampak banjir. Selain di serahkan ke dapur umum, juga langsung kepada masyarakat yang terdampak banjir tersebut.


"Kami atas nama Muspika Kecamatan Percut Sei Tuan tetap melakukan monitoring di beberapa desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Percut Sei Tuan yang terdampak banjir serta tetap memberikan bantuan Sembako melalui pemerintah desa dan kelurahan masing masing," tambah Camat.


Bantuan dari unsur Muspika, juga menyalurkan bantuan yang diperoleh dari  partisipasi masyarakat dan dari para pengusaha yang ada di kecamatan ini. 


"Inilah upaya yang telah dilakukan Muspika Kecamatan Percut Sei Tuan, untuk menanggulangi banjir yang menimpa di beberapa desa dan kelurahan di kecamatan ini. Kami telah melakukan koordinasi dengan Pemkab Del Serdang," pungkas Camat.


Tindaklanjut penanggulangan banjir di beberapa desa dan kelurahan pada Minggu (20/11/22) bersama masyarakat melakukan gotong-royong.


(Yan)