Limbah Cair PKS Cemari Sungai di Muaro Jambi, Tim TMPLH dan Gerak Indonesia Tinjau Lokasi


 

Limbah Cair PKS Cemari Sungai di Muaro Jambi, Tim TMPLH dan Gerak Indonesia Tinjau Lokasi

Rabu, 07 Juni 2023

Tim TMPLH dengan LSM Gerak Indonesia menemukan ada pencemaran di aliran Kanal Perkebunan Kelapa Sawit di Desa Lubuk Raman, Kecamatan Mari Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

Metro7news.com | Muaro Jambi - Warga RT 09 Desa Lubuk Raman, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, pada Selasa (06/06/23) gempar dengan di temukannya banyak ikan-ikan yang mati di aliran Kanal Perkebunan Kelapa Sawit.


Menyikapi keluhan warga ini, tim dari LSM Gerak Indonesia untuk Provinsi Jambi bersama Tim Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup (TMPLH) Provinsi Jambi, turun ke lokasi untuk mengecek kebenaran.


Hamdi Zakaria, Ketua Tim, kepada media ini mengatakan, tim kami temukan dilokasi aliran kanal ini, menurut warga, di huluanya ada salah satu PKS. Diduga ikan-ikan ini pada mati diakibatkan limbah PKS yang mencemari air aliran kanal tersebut.


"Menurut warga, air kanal berubah berwarna coklat kehitaman dan berbau limbah," ungkap warga.


Pantauan tim LSM Gerak Indonesia dan TMPLH Provinsi Jambi, Rabu (07/06/23), memang ditemukan aliran sungai berwarna coklat kehitaman-hitaman dan ikan-ikan pada mati tersangkut pada sampah dipinggiran sungai, serta sisa-sisa buntangan ikan yang mati masih tersisa.


Menurut Hamdi Zakaria, pihaknya telah berusaha menghubungi pihak perusahaan, akan tetapi tidak bisa ditemui.


Hamdi Zakaria juga katakan, timnya telah meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menurukan tim guna check kebenaran dari temuan timnya. 


"Akhirnya permintaan tim telah direspon oleh pihak DLH, dan mereka berjanji akan turun untuk mengecek ke lokasi besok," pungkas Hamdi Zakaria.


(agus)