Sat Pol Airud Lakukan Patroli ke Tangkahan Warga Cegah Barang Selundupan Masuk ke Tanjungbalai


 

Sat Pol Airud Lakukan Patroli ke Tangkahan Warga Cegah Barang Selundupan Masuk ke Tanjungbalai

Jumat, 09 Juni 2023


Personel Sarpolairud Polres Tanjungbalai melakukan pemeriksaan kapal warga tanpa dukumen milik warga yang di curigai pada saat dilakukannya kegiatan patroli di  perairan Tanjungbalai. (Doc-Ist)

Metro7news.com | Tanjungbalai - Untuk mencegah masuknya barang ilegal, seperti ball pres, narkoba dan PMI ilegal, Sat Polairud Polres Tanjungbalai melaksanakan patroli perairan, Kamis (08/06/23) sekira pukul 20.00 WIB.


Kapolres Tanjungbalai, AKBP Ahmad Yusuf Afandi, SIK, MM melalui Kasat Polair, AKP T Sianturi mengatakan, Sudah sebagai tugas dan tanggung jawab kami terhadap masyarakat, menjaga wilayah hukum perairan Polres Tanjungbalai agar terhindar dari masuknya narkoba, ball pres, barang ilegal serta PMI ilegal untuk menciptakan situasi Kamtibmas aman dan kondusif dalam rangka optimalisasi pencegahan barang ilegal dan narkoba.


Lanjut Kasat, pada Jum'at (09/06/23) sekira pukul 02.50 WIB dengan menggunakan Kapal Patroli II-2027, Sat Polairud Polres Tanjungbalai yang diawaki tim regu IV Bripka L Gurning, AH, MH dan Bripka Juanda melakukan patroli ke Tangkahan warga (pelabuhan tidak resmi), kemudian mengejar satu unit kapal yang datang dari laut tujuan Tanjungbalai, di posisi/koordinat, N = 2° 59' 28,0536", E = 99° 49' 52,9716".


Beberapa menit kemudian kapal tersebut berhasil di rapati dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap muatan kapal, seperti ABK dan nahkoda. Dari hasil pemeriksaan diketahui kapal tersebut memiliki nama KM Jahara tanpa tanda Selar GT. - No. - di nakhodai Sahrul dengan jumlah ABK tiga orang bermuatan fiber berisi ikan. Namun tidak ditemukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum.


Selanjutnya kepada nahkoda diberi himbauan agar segera mengurus dokumen kapalnya, memeriksa Body dan mesin kapal sebelum berangkat ke laut.


"Selalu waspada dan menjaga keselamatan berlayar dan berkerja di laut, membawa live jaket, ring bui, P3K dan alat navigasi di atas kapal," ungkap Kasat.


(Dst7)