Antisipasi Dampak Badai Lanina, Danlantamal I Cek Kesiapan Satgas Siaga Bencana TNI AL


 

Antisipasi Dampak Badai Lanina, Danlantamal I Cek Kesiapan Satgas Siaga Bencana TNI AL

Rabu, 10 November 2021

Danlantamal I  Belawan, Laksamana Pertama TNI AL Ahcmad Wibisono, lakukan cek kesiapan Satgas siaga bencana badai Lanina dari TNI AL .( Sumber foto : Dispen Lantamal I )


Metro7news.com. Belawan - Satuan Tugas (Satgas), Siaga Bencana TNI AL Lantamal I gelar pasukan dalam rangka pemeriksaan dan pengecekan pasukan yang dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal I Belawan, dalam Apel Kesiapan Satgas Siaga Bencana yangd dilaksanakan dilapangan Apel Mako Lantamal I Belawan, Rabu (10/11/21).


Apel gelar Satuan Tugas Siaga Bencana Alam dihadiri Wadan Lantamal I, PJU dan Kasatker dengan Komandan Upacara, Mayor Marinir Indra Fauzi Umar (Danyonmarhanlan I), di Mako Lantamal I Belawan dan dilaksanakan sesuai protokoler kesehatan.


Pangkalan Utama TNI AL I Sumatera Utara, dalam menghadapi setiap situasi bencana yang tidak pernah diketahui kapan dan dimana akan terjadi. Lantamal I TNI AL telah membentuk satuan tugas yang terdiri dari 215 personel gabungan Mako Lantamal I, dan Batalyon Marinir Pangkalan I yang diharapkan mampu bergerak cepat dalam menanggulangi setiap bencana alam yang terjadi di wilayah Lantamal I.


Sesuai yang tertuang dalam UU NO 34 Tahun 2004 tentang tugas TNI, selain perang atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP), termasuk didalamnya penanggulangan dampak bencana alam.


Dalam amanatnya, Laksamana pertama TNI Achmad Wibisono menyampaikan saat perubahan cuaca yang ekstrim akibat badai Lalina. Pengaruh kondisi geografis alam yang rawan akan bencana alam harus disikapi dengan kewaspadaan, serta kesiap siagaan secara dini seperti halnya banjir, tanah longsor atau dampak banjir ROB yang dialami Belawan.


"Satuan Tugas yang selama ini dibentuk saya cek untuk melihat kesiapan personel yang telah ditunjuk Lantamal I,"ujar Laksamana Pertama TNI AL Achmad Wibisono.


Diakhir amanatnya, Danlantamal I menyampaikan atensi kepada seluruh personel satgas bencana untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab, serta menjaga solidaritas yang tinggi sehingga kendala apapun dapat dihadapi.


"Perhatikan faktor keamanan personel dan material setiap penugasan penanggulangan bencana alam," Pungkasnya. (FL)


Dispen Lantamal I