Tertibkan Truk Odol, Sat Lantas Beri Teguran Humanis


 

Tertibkan Truk Odol, Sat Lantas Beri Teguran Humanis

Jumat, 09 Juni 2023

Satuan Lalulintas Polres Subulussalam melakukan patroli pelanggaran lalulintas pada jalan-jalan utama Kota Subulussalam, terutama kendaraan yang melebihi dimensi dan berlebih muatannya atau over dimension overload (ODOL) yang melintas, Jum'at (09/06/23). (Doc-Ist)

Metro7news.com | Subulussalam - Satuan Lalulintas Polres Subulussalam melakukan patroli pelanggaran lalulintas pada jalan-jalan utama Kota Subulussalam, terutama kendaraan melebihi dimensi dan berlebih muatannya atau over dimension overload (Odol) yang melintas. Jumat (09/06/23).


Sosialisasi tertib berlalulintas dan himbauan penertiban kendaraan Odol tersebut dilakukan secara humanis dan profesionalisme serta dilaksanakan rutin di wilayah hukum Polres Subulussalam.


Kapolres Subulussalam, AKBP Yhogi Hadisetiawan, SIK, MIK, melalui Kasat Lantas, AKP Hendra Sukmana, SH menyampaikan terkait kendaraan pengangkut, telah diatur dalam Pasal 307 Undang-Undang Lalu Lintas.


"Isinya setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaimana dimaksud  dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu," ungkap Kasatlantas.


Menurut Kasatlantas, kendaraan yang memiliki muatan berlebih bisa menimbulkan bahaya. Karena memperlebar titik buta pengendara, membatasi ruang gerak, pengereman tak maksimal, hingga bisa menimbulkan kerusakan kendaraan bahkan kecelakaan.


"Selain tindakan teguran, kami juga melakukan aksi preventif dengan sosialisasi ke para pengguna jasa angkutan dan sopir terkait pelanggaran Odol dan bahayanya" pungkasnya.


(Amdan Harahap)