UPTD Taman Budaya Sukses Selenggarakan Festival Tari Zapin di Tanjungbalai


 

UPTD Taman Budaya Sukses Selenggarakan Festival Tari Zapin di Tanjungbalai

Kamis, 08 Juni 2023

Panitia Festival Tari Zapin foto bersama dengan para peserta pemenang. 

Metro7news.com | Tanjungbalai - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Sumatera Utara yang dibawah naungan Disbudparekratf Sumut menggelar acara Festival Tari Zapin untuk kategori umum yang dilaksanakan di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah dari 31 Mei-3 Juni Tahun 2023.


Ketua Panitia pelaksana festival tari Zapin, Wan Lefri Alamsyah, M.Pd melalui Seketaris Said Aldie Hidayat Gustian Effendi, S.TP kepada awak media di ruang kerjanya, Kamis (08/06/23) mengatakan, dana kegiatan ini merupakan anggaran Pemprovsu dengan menambahkan peserta festival tari Zapin ini terdiri dari empat kabupaten kota yaitu Asahan, Batubara, Labura dan Tanjungbalai selaku tuan rumah.



Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya Melayu, khususnya Sumatera Utara, sehingga budaya yang selama ini merupakan warisan leluhur kita dapat terus berkelanjutan dan tidak lekang ditelan masa,


"Kita laksanakan festival agar warisan leluhur ini tidak lekang di telan masa," ujar Aldie.



Acara dibuka langsung oleh Terbit Tarigan yang merupakan perwakilan UPTD Taman Budaya Sumut. Dalam sambutannya dia mengatakan, para peserta nantinya agar bersaing secara sehat karena festival budaya tari Zapin ini merupakan kegiatan yang jarang dilakukan apalagi membawa nama daerah.


Pantauan dilokasi, masyarakat Tanjungbalai sangat antusias mengikuti kegiatan festival tari Zapin dengan berjubelnya warga yang datang memenuhi Kapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah.


"Acara ini masih dalam kondisi sportif dan dalam suasana kondusif tanpa ada kericuhan yang terjadi dan acara tersebut berlangsung sukses," jelas Aldei


Hasil akhir kegiatan, pembawa acara Dayat dan Dedek secara bergantian mengumumkan pemenangnya. Juara I jatuh kepada Sanggar Tari Kito asal Tanjungbalai, Juara II Group Nusantara Berkarya asal Simpang Empat Asahan, Juara III Kualuh Etnis Production asal Labura dengan masing-masing juara memperoleh piala dan dana pembinaan.


 (Dst7)