Partai Nasdem Raih Suara Terbanyak di Aceh Singkil, Ranting Beringin Patah di Dapil I


 

Partai Nasdem Raih Suara Terbanyak di Aceh Singkil, Ranting Beringin Patah di Dapil I

Selasa, 05 Maret 2024

Suara Partai Nasdem meraih suara terbanyak di Kabupaten Aceh Singkil.

Metro7news.com|Aceh Singkil - Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara KIP Aceh Singkil sejak tanggal 1 hingga 4 Maret 2024 dan masa pencermatan perolehan suara terbanyak diraih oleh Partai Nasdem dengan angka 11.306 suara.


Perolehan suara terbanyak itu tertuang dalam dokumen-D hasil KABKO yang merupakan sertifikat berita acara dan hasil penghitungan rekapitulasi suara yang sah di empat Dapil Kabupaten Aceh Singkil.


Data yang dihimpun Metro7news.com. dari empat Dapil atau 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil dalam sepuluh Parpol, yakni Partai Nasdem meraih suara sebanyak 11.306, Hanura peroleh 9.921 suara, Gerindra peroleh 9.188 suara, Golkar raih 7.090 suara, PKB raih 6.415 suara, PDI-P raih 6.226 suara, PKS raih 5.965 suara, PPP raih 4.377 suara dan Demokrat raih 4.377 suara dan PNA sebanyak 2.372 suara.


Menurut Ketua KIP, Muhammad Nasir perolehan suara merupakan keputusan pleno rekapitulasi bersama yang dihadiri Panwaslih dan para saksi tingkat kabupaten.


“Selanjutnya akan dilakukan proses pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi,” ujar Nasir, Selasa (05/03/24) kepada wartawan.


Tambahnya, terkait penetapan Anggota Dewan, selanjutnya akan ditetapkan usai penghitungan usai secara berkala dan terjadwal.


Sebagaimana diketahui, di tahun-tahun sebelumnya, Partai Golkar adalah peraih suara terbanyak sepanjang perjalanan Kabupaten Aceh Singkil karena di tiap Dapil selalu ada Caleg terpilih.


Kali ini yang Calegnya berisi di tiap Dapil hanya Partai Nasdem, sementara partai berlambang pohon beringin itu rantingnya patah di Dapil 1 (Partai Golkar), hanya meraih kursi di Dapil 2-3, dan Dapil, 4, masing-masing di setiap Dapilnya meraih satu kursi.


 Sementara Pileg Tahun 2019, Partai Golkar meraih 6 kursi, DPRK, Kabupaten Aceh Singkil.


(jhonwer manik)