PJ Bupati Aceh Singkil Peusijeuk Pj Gubernur Aceh


 

PJ Bupati Aceh Singkil Peusijeuk Pj Gubernur Aceh

Sabtu, 27 April 2024

PJ Bupati Aceh Singkil peusijuek Gubernur Aceh saat kunjungannya ke Kabupaten Aceh Singkil bersama rombongan diatas pelaminan yang tersedia di Ruangan Pendopo Bupati Aceh Singkil. 

Metro7news.com|Aceh Singkil - Kunjungan perdana Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah dan Ibu Gubernur, Nyonya Mellani Subani bersama Ketua DPR Aceh, Zulfadli dan rombongan ke Aceh Singkil, mendapat sambutan istimewa dari warga Aceh Singkil.


Setibanya Pj Gubernur dan rombongan di Aceh Singkil sekira pukul 20.00 WIB, langsung digiring ke pelaminan adat yang sudah tersedia di Ruangan Pendopo Bupati Aceh Singkil, Jum'at (26/04/24).


Di atas pelaminan, Pj Gubernur Bustami di peusijuek, diawali dengan serakkan beras kuning dan percikan air yang dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Singkil, Drs Azmi, MAP kepada PJ Gubernur Bustami Hamzah. 


Selanjutnya Pj Gubernur bergegas menghadiri haul Syekh Abdurrauf Assingkily di Masjid Agung Nurul Makmur.


Sebelumnya, Ketua Panitia HUT, Faisal mengatakan, hari jadi Kabupaten Aceh Singkil ke 25, kali ini sangat istimewa karena dihadiri oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah. Berbagai agenda kegiatan juga diisi oleh kehadiran orang nomor satu di Aceh.


“Hari ini awal kedatangan Pj Gubernur Aceh disambut di Pendopo Pj Bupati Aceh Singkil, agendanya dipeusijuek,” kata Faisal, Ketua Panitia HUT Kabupaten Aceh Singkil.


Peusijuek atau lazim di Singkil disebut tapung tawar, adalah sebuah prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh yang masih dilakukan untuk menyambut pejabat yang datang atau berkunjung.


Prosesi peusijuek merupakan sebuah tradisi yang masih dipertahankan dan dilestarikan hingga sekarang. Tujuannya untuk bersyukur kepada Allah SWT dengan harapan memperoleh berkah, selamat, atau akan berada dalam keadaan yang baik.


Peusijuek sendiri berarti mendinginkan atau menenangkan hati yang dipesejuek. Usai acara peusijuek pada dua pejabat pemerintah Aceh itu, selanjutnya makan malam bersama.


Beberapa agenda Pj Gubernur Aceh, kata Faisal diantaranya, peringatan hari wafatnya (Haul) Syeikh Abdurrauf Assingkily (Ulama Aceh) ke 339, ziarah Ayahanda Syeikh Ali Fansuri di Desa Tanjung Mas, Kecamatan Simpang Kanan.


Kemudian, PJ Gubernur Aceh jadi Inspektur Upacara pada Hari Jadi Kabupaten Aceh Singkil yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati.


Selanjutnya, pada Sabtu siang menuju Desa Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak untuk pelepasan anak penyu.


Dia berharap, semua pihak ikut mendukung Peringatan Hari Jadi Kabupaten Aceh Singkil ini, karena begitu istimewa dihadiri oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah.


Kegiatan Hut Aceh Singkil juga turut dimeriahkan oleh puluhan pedagang usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Lapangan Alun-alun Desa Pulo Sarok.


(jhonwer manik)