Ketua PRUSJT Minta Perhatian Pemerintah Tentang Keberadaan Pedagang Rujak Ulek Simpang Jodoh


 

Ketua PRUSJT Minta Perhatian Pemerintah Tentang Keberadaan Pedagang Rujak Ulek Simpang Jodoh

Selasa, 31 Agustus 2021

 

Kegiatan HUT PRUST yang pertama, yang dirangkum dengan Baksos.

Metro7news.com, Percut Sei Tuan – Ketua Persatuan Rujak Ulek Simpang Jodoh Tembung (PRUSJT), Sumatera Utara, Lusi Ariyanti di sela-sela Bakti Sosial (Baksos), pembagian masker dan handsanitizer di Simpang Jodoh Tembung, Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang memohon perhatian dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang atas keberadaan pedagang Rujak Ulek Simpang Jodoh yang sudah menjadi Ikon Kecamatan Percut Sei Tuan.


Karena selama ini, lanjut Lusi Ariyanti, para pedagang Rujak Ulek sepanjang jalan ini belum pernah mendapat bantuan, apalagi saat Pandemi Covid-19.


“Kami butuh sekali perhatian dari pemerintah, tentang keberadaan pedagan Rujak Ulek di sepanjang Jalan Pasar VII ini, agar lebih tertata dan baik lagi. Apalagi masa Pandemi Covid-19, pembeli kurang. Jadi bagaimana kami harus bisa memenuhi kebutuhan hidup tanpa adanya bantuan dari pemerintah,”ujar Lusi Ariyanti kepada awak media ini, Selasa (31/08/21).


Ditambahkannya, sekarang ini PRUJT Sumatera Utara sudah beranggotakan sebanyak 33 orang dan 9 pengurus. Mudah-mudahan kedepannya PRUSJT makin baik lagi dan bisa Go Internasional. 


“Saya berdagang Rujak Ulek ini meneruskan alamarhum neneknya yang sudah ada sejak Tahun 1953, yang pada masa itu masih menggunakan penerangan dengan lampu sentir. Jadi saya merupakan generasi yang ke tiga,”imbuhnya.


Rujak Ulek Simpang Jodoh Tembung ini, terkenal dengan rasa bumbunya lain dari pada yang lain. Sehingga terkenal sampai luar daerah. Harapannya kalau bisa sampai luar negeri.


 Saat ini omset penjualan Rujak Ulek sangat turun drastis, akibat dampak dari PPKM yang dilakukan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 


“Alhamdulilah adanya penjualan online melalui aplikasi, dengan cara ini penjaualan kami dapat terbantu dan bertahan sampai saat ini,”tambahnya, sembari mengucapakan terimaksih kepada Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara atas kerja samanya memberikan tenaga pendamping kepada para pedagang Rujak Ulek Simpang Jodoh Tembung.


Ditempat yang sama Ismed Hasan, SH selaku penasehat PRUSJT, berharap lewat persatuan ini semoga para pedagang Rujak Ulek Simpang Jodoh lebih maju lagi kedepannya. 


“Semoga kedepannya hubungan silaturahmi para pedagang semakin baik lagi kedepanya. Jadi Rujak Ulek Simpang Jodoh makin lebih terkenal lagi sampai manca negara,”tutur Ismed Hasan.


Senada dikatakan, Wakil Pembina PRUSJT, Zainal Arifin Harahap, diharapkanya dalam hal ini, pemerintah harus juga memperhatikan nasib para pedagang Rujak Ulek Simpang Jodoh. Menurut nya hal ini penting sekali, apa lagi Rujak Ulek Simpang Jodoh merupakan Ikon Kecamatan Percut Sei Tuan. 


“Karena para pedagang Rujak Ulek ini juga terdampak Pandemi Covid-19, jadi mereka butuh perhatian juga,”ketus Zainal Arifin.


Hari ulang tahun PRUSJT, yang pertama ini di rangkum dengan pembagian masker dan handsanitizer dan dihadiri dari perwakilan Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara, Faisal. 


Susunan Kepengurusan PRUSJT Sumatera Utara

Pembina : Daud

Wakil Pembina : Zainal Arifin Harahap

Penasehat : Ismed Hasan, SH

Ketua : Lusi  Ariyanti

Wakil Ketua : Nurmala

Sekretaris : Nining Juliani

Wakil Sekretaris Dwi Eka

Bendahara : Juraida

Wakil Bendahara : Rita Ariyani.


  (Andi)