Aksi Relawan Solidaritas Antisipasi Bencana, Galang Dana Membantu Korban Letusan Gunung Semeru


 

Aksi Relawan Solidaritas Antisipasi Bencana, Galang Dana Membantu Korban Letusan Gunung Semeru

Kamis, 09 Desember 2021

Foto Aksi Relawan Solidaritas Antisipasi Bencana Galang dana untuk korban letusan gunung Semeru. ( Sumber foto Suraya Dewi )


Metro7news.com, Belawan - Peristiwa bencana alam meletusnya Gunung Semeru, yang terjadi di Jawa Timur banyak memakan korban jiwa.


Melihat bencana itu lembaga sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang tergabung dalam Relawan Antisipasi Solidaritas Bencana ( Rentan ) melakukan gerakan penggalangan dana / donasi, pada Kamis ( 9/12/2021) di simpang Pajak Pompa, Kecamatan Belawan I, sekira pukul 10:00 WIB.


Gerakan donasi ini langsung mendapat arahan Ketua Umum Rentan, M. Yunus dengan Ketua Harian Herdi. Dalam instruksinya kepada jajaran relawan Rentan, untuk melakukan penggalangan dana bencana letusan gunung Semeru, ke semua daerah Indonesia khususnya wilayah Sumatera Utara.


Terlihat turun dalam gerakan aksi ini, Chairil Anwar Sekretaris DPC Rentan Kota Medan, dan Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang Belawan, Putra Islami bersama beberapa pengurusan Rentan Medan Belawan.




Chairil Anwar, selaku Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Rentan Kota Medan, kepada awak media saat dilakukan aksi donasi tersebut, menyampaikan harapannya bahwa penggalangan dana ini dapat dilakukan secara maksimal, sehingga hasilnya lebih maksimal untuk korban gunung Semeru.


" Kita mau aksi ini dilakukan maksimal melibatkan seluruh kader relawan, agar hasilnya bisa maksimal diserahkan untuk korban letusan gunung Semeru," ujarnya.




Target dari Rentan untuk kegiatan ini, untuk mengumpulkan bantuan seperti perlengkapan bayi, selimut, bahan makanan dan donasi dalam bentuk uang tunai.


Dijelaskan nya, Relawan Antisipasi Solidaritas Bencana, ( Rentan ) telah didirikan sejak tahun 2019 untuk wilayah Kota Medan. 


Sebelumnya Rentan telah membuat aksi penggalangan dana utk korban banjir di Sergai, Rampah yang baru terjadi, membantu membuka jalan yang longsor di Brastagi dan yang lainnya.


Ketua DPAC Medan Belawan, Putra Islami, saat diminta pendapatnya tentang gerakan aksi ini mengatakan bahwa, diharapkan apa yang dilakukan ini dapat mengetuk pintu hati masyarakat di Belawan dan Donatur yang tergerak hatinya untuk membantu saudara - saudara kita yang tertimpa bencana letusan gunung Semeru.


" Kami mengharapkan masyarakat juga para Donatur dapat terketuk pintu hatinya, untuk membantu saudara kita di Jawa Timur, terkena bencana gunung Semeru," ujar Putra Islami.


Ditargetkan, kegiatan sosial untuk membantu masyarakat akan terus dilakukan oleh DPAC Rentan Medan Belawan, disamping itu juga telah beberapa kali sebelumnya aksi sosial guna meringankan beban masyarakat dilakukan.


" Sebelum ini kami juga telah melakukan aksi sosial meringankan korban banjir dan yang lainnya," jelas Ketua DPAC Rentan Medan Belawan, Putra Islami.

( SD )