Wali Kota Hadiri Pelantikan PKD Kelurahan Sekota Tanjungbalai


 

Wali Kota Hadiri Pelantikan PKD Kelurahan Sekota Tanjungbalai

Senin, 06 Februari 2023

 

Wali Kota Tanjungbalai mengahdiri pelantikan PKS kelurahan Sekota Tanjungbalai. (foto/ist)

Metro7news.com | Tanjungbalai - Semakin dekatnya waktu perhelatan pemilihan umum (Pemilu) pada Tahun 2024 mendatang, seperti pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati juga pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.


Oleh karena itu, panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kecamatan melaksanakan pelantikan pengawas pemilu kelurahan/desa (PKD) yang digelar di Resto Bahagia Jalan Arteri, Senin (06/02/23).



Acara pelantikan PKD setelah dilakukan perekrutan oleh masing-masing Panwas Kecamatan yang lulus dan dilantik sebanyak 31 orang dari 6 kecamatan yang dipimpin oleh Ketua Panwas Kecamatan Tanjungbalai, Utara Surya Kesuma, SH.


Dengan membacakan sumpah dan janji Panwaslu kelurahan dan desa yang diikuti seluruh peserta PKD Sekelurahan, serta pembacaan Fakta Integritas yang diwakili oleh Syahri Ramadhan dari PKD Muara Sentosa.


Yang sebelumnya, acara tersebut diawali dengan doa yang dibawakan oleh Miswardi dari Kemenag.


Ketua Bawaslu Kota Tanjungbalai, Dedy Hendrawan, SH, MH dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan wewenangnya Panwas kecamatan.


"Kami selaku Bawaslu kota hanya sebatas menghadiri, namun tidak ada salahnya jika kita memberikan wejangan kepada PKD agar bila membuat keputusan sebaiknya diselaraskan dengan Panwas kecamatan dan menambahkan pada prinsipnya manusia itu tidak suka diawasi," terang Dedy.


Sementara itu, Wali Kota Tanjung Balai, H. Waris Thalib, S.Ag, MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa PKD sudah dilantik dengan mengikrarkan sumpah dan janji serta membacakan Fakta Integritas yang ini semua akan dipertanggung jawabkan baik di dunia maupun akhirat.


"Harus bekerja sesuai aturan dengan mengedepankan Jurdil, demokratis agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Berharap supaya Pemilu akan datang berjalan kondusif tanpa ada hambatan," jelas Wali Kota Tanjungbalai.


Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut selain Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib, Ketua Bawaslu, Dedy Hendrawan, SH, MH didampingi Komisioner Bawaslu, Irwan Nasti, mewakili Kapolres Tanjungbalai, seluruh Panwas kecamatan, Lurah yang mewakili Camat, dan peserta PKD serta pihak keamanan dari Polres Tanjungbalai.


(Dst7)