JMI Sumut Minta Polsek Medan Barat Tangkap Pelaku Tindak Kekerasan Terhadap Ketua Ormas Islam


 

JMI Sumut Minta Polsek Medan Barat Tangkap Pelaku Tindak Kekerasan Terhadap Ketua Ormas Islam

Kamis, 25 Agustus 2022

 

Foto Pengawas JMI Sumut, Dr Ikhwaluddin Simatupang, SH., MHum, Sekretaris JMI Sumut, T. Sofy Anwar, SH dan Patners. (foto : istimewa)

Metro7news.com | Medan - Perkumpulan Jurnalis dan Para Profesi yang tergabung dalam Jurnalis Media Independen Sumatera Utara (JMI Sumut) meminta pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek  Medan Barat untuk segera menangkap pelaku penganiayaan dan pengeroyokan Ketua Forum Islam Bersatu (FIB) Kota Medan, Dliaur Rahman Ziawa, juga  Pengurus JMI Sumut. 


Hal itu disampaikan Pengawas JMI Sumut, Dr Ikhwaluddin Simatupang, SH., Mhum di dampingi Sekretaris JMI Sumut, T. Sofy Anwar, SH dan Patners, saat ditemui wartawan di Kantor Sekretariat JMI Sumut di Jalan Harapan Pasti Timur, Gang Mukmin Blok A No. 99 Medan,  Kamis (25/08/22) sore. 


Menurut Ikhwal, harusnya polisi segera menindaklanjuti kasus penganiayaan dan pengeroyokan yang dilakukan orang tidak dikenal (OTK) terhadap Ketua Forum Islam Bersatu (FIB) Kota Medan dengan melakukan penangkapan dan penahanan.


Faktanya kejadian tersebut menurut Ikhwal sangat mudah untuk dibuktikan karena baik pelaku dan korban masih ada dan bisa diperiksa serta dimintai keterangan. 


Mengingat berdasarkan pasal 170 KUHP bahwa "Barang siapa dengan terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan", berdasarkan kejadian tersebut bahwa apa yang menimpa korban tersebut sudah sangat sesuai dan masuk ke dalam unsur pasal 170 KUHP tersebut. 


Sehingga menurut Ikhwal harusnya polisi segera melakukan pemeriksaan dan diproses lebih lanjut. Jikalau nanti di tengah proses tersebut terjadi perdamaian antara pihak pelaku dan korban, itu menurut Ikhwal hal yang baik.


Namun jika tidak maka lanjutkan agar segera diproses kejaksaan. Sehingga dengan demikian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri akan meningkat kembali.


(Rel)